Kamis, 19 Januari 2017

Faktor Penyebab Terjadinya Kehamilan Kembar

hamil kembar 2

Kehamilan merupakan salah satu hal yang paling membahagiakan bagi pasangan yang sudah menikah, karena dengan hamil dan mempunyai anak bisa melengkapi kehidupan mereka. Kehamilan merupakan sesuatu hal yang sulit diprediksi, kebanyakan ibu hamil mengandung bayi tunggal namun tak sedikit pula yang mengalami hamil kembar. Namun sekarang banyak sekali pasangan suami istri yang menginginkan bayi kembar, sehingga berbagai cara telah dilakukannya seperti perawatan kesuburan yang dapat menyebabkan kelahiran kembar. Namun perlu anda ketahui, ternyata ada beberapa faktor alami yang dapat meningkatkan peluang untuk mengandung bayi kembar. Sehingga jika anda termasuk ke dalam faktor dibawah ini, anda kemungkinan besar dapat mengandung bayi kembar tanpa melakukan perawatan medis. Berikut beberapa faktor tersebut:

Faktor Genetika

Faktor terbesar yang dapat meningkatkan terjadinya hamil kembar adalah faktor genetika atau keturunan. Jika anda memiliki riwayat keluarga yang lahir secara kembar entah itu ayah, ibu, saudara kandung atau mungkin anda sendiri merupakan anak kembar, maka peluang untuk mengandung bayi kembar juga akan semakin besar.

Memiliki berat badan yang lebih

Tahukah anda, berat badan juga berpengaruh pada peluang terlahirnya bayi kembar. Seseorang yang memiliki berat badan yang lebih berpeluang untuk mengandung bayi kembar. Menurut penelitian, salah satu penyebab terjadinya kelahiran kembar sering terjadi pada wanita yang mana memiliki masa tubuh lebih dari 30. Namun peluangnya akan semakin besar jika keluarganya pun memiliki riwayat anak kembar.

Hamil di usia yang sudah tua

Diketahui bahwa sekitar 17 % dari wanita hamil yang mengandung bayi kembar adalah wanita dengan usia diatas 45 tahun. Dengan begitu, usia tersebut menjadi usia yang paling berpeluang untuk bisa mengandung bayi kembar. Bahkan peluang akan semakin besar jika mengalami kehamilan di atas 50 tahun. Namun perlu anda ketahui, kehamilan di usia tua juga dapat meningkatkan resiko keguguran sehingga anda perlu memikirkannya terlebih dahulu.

Itulah beberapa faktor yang dapat meningkatkan peluang terjadinya kehamilan kembar. Namun terlepas dari semua itu, semua kembali lagi pada kuasa sang Tuhan. Namun, tak salah juga untuk kita mencoba berbagai usaha agar bisa mengandung bayi kembar. Semoga bermanfaat

1 komentar: